Menpora Optimistis Surabaya Jadi Tuan Rumah Asian Games 2019

Roy Suryo.
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda
- Mundurnya Vietnam sebagai tuan rumah Asian Games 2019 membuat Indonesia berpeluang menggantikannya. Meskipun pelaksanaannya dinilai tak akan mudah, Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo yakin Indonesia akan mampu.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Seperti diketahui, Indonesia, dengan Surabaya sebagai kota penyelenggara, sebenarnya mencalonkan diri menjadi tuan rumah Asian Games 2019. Namun, pada 8 November 2012, Surabaya dikalahkan Hanoi, Vietnam dalam proses bidding.
Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015


Kendati demikian, dalam perjalanannya sebagai tuan rumah Asian Games 2019, Vietnam menyatakan mundur. Alasannya, biaya yang diperlukan sangatlah tinggi, sedangkan kondisi perekonomian negara tersebut tengah dilanda krisis.


"Kami akan tetap berusaha untuk mewujudkan Surabaya jadi tuan rumah Asian Games 2019. Komunikasi dengan  dengan Gubernur Jatim dan KOI juga akan terus kita laksanakan," ujar Roy di kantor Kemenpora, Kamis malam 24 April 2014.


"Kendati demikian, ada dua kendala besar yang akan dihadapi, yaitu pergantian pemerintahan dan juga mepetnya waktu. Tapi, kami optimistis, karena pada 1962, di mana persiapan dan sarana minim saja bisa dilaksanakan (di Jakarta)," sambungnya.


Hingga saat ini, negara pengganti Vietnam sendiri belum diputuskan. Olympic Council of Asia (OCA)  baru akan memutuskan negara penggantinya pada 20 September 2014 mendatang.


Lihat artikel menarik lainnya
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya