Penyebab Kegagalan Kontingen SEA Games Indonesia Penuhi Target

Roy Suryo.
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi

VIVAbola - Perolehan medali kontingen Indonesia di SEA Games 2013 Myanmar dianggap gagal memenuhi target. Dari 120 medali emas, Indonesia hanya mampu meraih 65 keping emas. Hasilnya, ambisi masuk tiga besar juga berujung kegagalan.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, ada tiga penyebab kegagalan kontingen Merah Putih di Myanmar. Pertama, konflik KONI-KOI dinilai Roy telah mengganggu persiapan seluruh cabang olahraga jelang SEA Games 2013.

Lalu yang kedua yakni masalah pendanaan yang terbatas karena birokrasi rumit. Dan terakhir, kubu Myanmar sebagai tuan rumah, dianggap Roy Suryo telah melakukan berbagai kecurangan demi meraih gelar juara umum.

"Harus diakui, permasalahan yang mendera KONI-KOI berpengaruh pada persiapan SEA Games 2013. Kami juga mendapatkan masalah dari segi pendanaan. Dana yang harusnya turun, terlambat dikeluarkan. Selain itu, peralatan yang menjadi alat bantu atlet juga terlambat dikeluarkan. Ini karena birokrasi dari Kementerian Keuangan yang sedikit berbelit-belit," kata Roy Suryo.

Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?

"Tuan rumah Myanmar juga banyak melakukan trik untuk menjegal kontestan lain demi mendapatkan gelar juara umum. Logistik kami sempat terlambat karena berbagai hal. Selanjutnya, ada nomor-nomor yang ditambah tuan rumah di cabang olahraga tradisional mereka," sambungnya.

Meski begitu, Roy tidak ingin menyalahkan pihak-pihak tertentu atas kegagalan Indonesia di ajang SEA Games kali ini. Pria asal Yogyakarta itu akan mengevaluasi semua kinerja elemen-elemen terkait demi mendapatkan prestasi terbaik di ajang Asian Games 2014, Korea Selatan.

"Saya tidak mau menyalahkan orang lain. Evaluasi akan dilakukan oleh semua elemen, KONI, KOI, Kemenpora, serta Satlak Prima. Di 2014 nanti, Kemenkeu juga sudah berjanji dan menjamin tak ada penundaan untuk dana olahraga. Tapi, jumlahnya hanya Rp1,8 triliun, tidak sebesar 2013 lalu," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Satlak Prima, Suryadharma, menambahkan instruksi kepada setiap PB untuk dapat tertib administrasi. Pasalnya, banyak cabang olah raga yang terganggu persiapannya karena dana tidak cair tepat waktu dikarenakan mepetnya penyerahan proposal.

Di klasemen akhir SEA Games 2013, Indonesia hanya menempati peringkat 4. Kontingen Merah Putih hanya meraih 65 emas, 84 perak, dan 111 perunggu. (eh)

Andai Tak Ada Championship Series, Borneo FC Sudah Juara Liga 1 Musim Ini
Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024