SPORT

Pembukaan Islamic Solidarity Games Tampilkan Tari Gending Sriwijaya

Menceritakan masa keemasan Kota Palembang di zaman Kerajaan Sriwijaya.
Minggu, 22 September 2013
Oleh : Mohammad AdamAji YK Putra (Palembang)
Tari Gending Sriwijaya.
VIVAnews - Pembukaan perhelatan pesta olah raga internasional Islamic Solidarity Games (ISG) yang dijadwalkan pada hari ini, Minggu 22 September 2013 di Stadion Glora Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, akan menampilkan tarian Gending Sriwijaya.

Koreografer, Denny Malik, menjelaskan bahwa  Gending Sriwijaya yang merupakan tarian khas tradisional Sumatera Selatan ini menceritakan masa keemasan Kota Palembang ketika di zaman Kerajaan Sriwijaya.

"Dimasa itu juga agama Islam mulai masuk. Kemudian muncul Kesultanan Palembang Darussalam yang berkaitan erat dengan budaya melayu," ujar Denny, di Stadion Glora Sriwijaya.

Tarian pembukaan ISG ini, Denny melanjutkan, akan melibatkan 500 orang penari dari siswa SMA di Palembang. "Itu juga ditambah 100 orang penari profesional dari Jakarta, yang akan menyajikan tarian kolosal mengenai Kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Palembang Darussalam," kata Denny.

Informasi yang dihimpun, pada pembukaan ISG pukul 19.00 WIB nanti, dipimpin langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bakal turut hadir pula Pangeran Arab Saudi, Nawaf Faisal, dalam acara pembukaan ISG ini.

Ketua Deputi IV bidang acara pembukaan dan penutupan Panitia Pelaksana ISG Sumatera Selatan, Ahmad Najib, dalam kesempatan yang sama menambahkan, pihaknya telah mendapatkan konfirmasi terkait kedatangan pangeran asal Arab Saudi.

"Semalam mereka telah tiba. Rencananya memang akan hadir pada pembukaan nanti malam" kata Najib.

Selain tarian, acara pembukaan itu juga akan menampilkan pertunjukan penyanyi. Di antaranya adalah Iyet Bustami, Band Warna, Dira Sugandi, Iis Dahlia, Reza Artamevia, Iwa K, Isa Raja.

Sementara, Irgi Fahrezi, April Koeshendratmo, Fuad Baradjdja, dan Rosita Suroso akan bertindak sebagai pembawa acara pembukaan. (sj)
TERKAIT