220 Pebalap Bertarung di Tour de Singkarak

Tour de Singkarak 2012
Sumber :
  • Antara/Ismar Patrizki
VIVAnews
Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris
- Sebanyak 220 pebalap sepeda dari 18 negara akan meramaikan ajang balap sepeda Tour de Singkarak 2013, 2 hingga 10 Juni mendatang. Menurut data panitia dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, para pebalap yang ambil bagian di tahun ke-5 TdS berasal dari 18 negara.

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

"Tour de Singkarak 2013 akan melombakan tujuh etape yang berjarak total 1027 kilometer," kata Noviendi Makalam, Kepala Pusat Komunikasi Publik, dalam pernyataan tertulisnya yang diterima VIVANews, Kamis, 23 Mei 2013.
OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global


Tahun ini, total hadiah yang diperebutkan dalam ajang ini mencapai Rp1,2 miliar. Para pebalap akan melewati 17 kota dan kabubaten di Sumbar yang dibagi dalam tujuh etape. Sejumlah negara yang ambil bagian di ajang TdS tahun ini yakni, Jepang, Iran, Singapura, Australia, Uzbekistan, Ukraina, Kirzigtan, Rusia, Taipe, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Brunei, Selandia Baru, Perancis, Malaysia, dan Indonesia sebagai tuan rumah.


Dibanding event serupa pada tahun-tahun sebelumnya, TdS 2013 digarap lebih serius. Sejumlah helikopter disiapkan untuk trik pengambilan gambar di spot-spot yang telah ditentukan pada Juni 2013 mendatang. Sejauh ini, TdS masuk sebagai 5 event balap sepeda dengan pengunjung terbanyak di dunia.


Pada TdS tahun lalu, pembalap Azad University, Iran, Pujol Munoz Oscar, menjadi juara. Pujol mampu menyelesaikan 14 etape yang berakhir di Kota Padang. Ia menyisihkan 141 pembalap lainnya dari 25 tim yang turun di kejuaraan yang telah digelar keempat kalinya ini.


Berikut rute yang akan dilewati pada pebalap di ajang TdS 2013:


Etape 1 Bukittinggi - Bonjol


Etape 2 Padang Panjang - Istano Basa dan Tanah Datar


Etape 3 Payakumbuh - Danau Singkarak


Etape 4 Sijunjung - Pulau Punjung - Dharmasraya


Etape 5 Sawahlunto - Muara Labuh - Solok Selatan


Etape 6 Pariaman - Painan


Etape 7 Padang Pariaman - Padang Circuit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya