Marc Marquez, Pencetak Rekor Juara Termuda MotoGP

Marc Marquez menjuarai GP Austin
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil mencatatkan sejarah sebagai pembalap termuda dengan menjuarai seri balap motor MotoGP pada usia 20 tahun di GP Austin, Circuit of the Americas, Minggu 21 April 2013, (Senin dini hari WIB).

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Gemilang sejak sesi kualifikasi di mana dia juga sukses meraih pole-position. Marquez juga bisa mematahkan rekor milik legenda balapan kelas 500cc, Freddie Spencer di tahun 1982 sebagai pembalap termuda yang bisa meraih juara.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Lalu siapakah sosok Marquez? Pembalap asal Spanyol ini memang sudah bersinar sejak membalap untuk kelas 125cc. Ia Memulai debutnya di kejuaraan balap motor pada 2008 tepatnya di usia 15 tahun 56 hari.


Kendati demikian, dia baru merasakan kemenangan pada 2010 di GP Italia. Tahun 2010 bisa disebut sebagai masa kejayaan Marquez di 125cc. Dia meraih kemenangan lima kali berturut-turut dan menyamakan rekor yang pernah dibuat Valentino Rossi pada 1997.


Sukses di 125cc setelah meraih juara dunia, Pada 2011 pembalap kelahiran Cervera ini memutuskan pindah ke Moto2. Di seri ini dia sempat kesulitan, sebelum akhirnya meraih kemenangan perdana di GP Prancis.


Setelah hanya menjadi runner-up di tahun pertamanya di Moto2, di musim 2012, Marquez mendominasi Moto2 dengan meraih 9 kemenangan dan naik podium sebanyak 14 kali dan menjadi juara dunia dengan total 324 poin.


Kesuksesan Marquez di Moto2 membuat tim Repsol Honda memilihnya menggantikan Casey Stoner untuk yang memutuskan pensiun di akhir musim 2012.


Sempat diragukan, Marquez akhirnya menjawab semua keraguan dengan menempati podium ketiga di seri pembuka MotoGP 2013 di Sirkuit Losail, Qatar. Prestasinya makin mengilap setelah menjuarai seri kedua di GP Austin.


Kemenangan semakin manis setelah dia bisa lebih sukses dibanding rekan setimnya, Dani Pedrosa dan Juara Dunia 2012, Jorge Lorenzo di musim pertama mereka di MotoGP. Lorenzo harus menunggu seri ketiga untuk bisa menang di musim 2008, sementara Pedrosa meraih kemenangan di seri keempat pada 2006. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya