SPORT

Uang Saku Atlet & Pelatih Pelatnas Sudah Bisa Dicairkan

Kementrian Keuangan memberi lampu hijau untuk mengucurkan anggaran.
Selasa, 2 April 2013
Oleh : Jonathan Pandapotan, Rejdo Prahananda
Pelatnas Wushu
VIVAnews – Kementrian Pemuda dan Olahraga mematok target, atlet dan pelatih yang mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games 2013 akan menerima uang saku periode Januari hingga Februari pada akhir pekan ini. Hal itu disampaikan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kementrian Pemuda dan Olahraga, Joko Pekik Irianto.

Joko menjelaskan, Kementrian Keuangan masih melengkapi dan memverifikasi data seperti nomor rekening dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atlet dan pelatih yang mengikuti Pelatnas SEA Games. “Proses pembayaran sudah mulai berjalan,” kata Joko.

Kementrian Keuangan, kata Joko, telah memberi lampu hijau untuk mengucurkan anggaran Kemenpora, di antaranya untuk Islamic Solidarity Games 2013 serta Pelatnas Program Indonesia Emas (Prima). Besaran dana untuk ISG Rp200 Milliar, sedangkan anggaran Prima mencapai Rp250 Milliar.

Sebelumnya, 97 persen dana anggaran Kemenpora tidak bisa dicairkan karena masih banyak masalah dalam laporan keuangan Kemenpora tahun lalu. Karena itu, Joko memberikan apresiasi kepada pengurus cabang olahraga yang bersedia menalangi uang saku atlet sebelum dana cair.

Pencarian dana sepenuhnya akan dilakukan oleh Kementrian Keuangan. “Kami menyerahkan berkas. Kemudian Kementrian Keuangan yang langsung mendistribusikan kepada atlet,” ujar Joko.

Terkait masalah minimnya dana untuk pembinaan prestasi olahraga, Joko menambahkan, plafon anggaran Kementrian yang digunakan selama bertahun-tahun memang tidak mencukupi. “Jika mengandalkan kenaikan setiap tahun tidak akan cukup. Perlu ada dana cukup untuk pembinaan yang menghasilkan prestasi. Bukan hanya apresiasi setelah prestasi.”
TERKAIT
    TERPOPULER