Dominasi Vettel Tak Tertahan di F1 GP India

Sebastian Vettel
Sumber :
  • REUTERS/Ahmad Masood

VIVAnews - Sebastian Vettel tampil gemilang di F1 GP India 2012. Pembalap Red Bull Racing tersebut keluar sebagai pemenang di Buddh International Circuit, Minggu 28 Oktober 2012.

Kemenangan di GP India kian memuluskan langkah sang juara bertahan mempertahankan mahkota juara dunia F1. Sukses ini melengkapi catatan Vettel dengan menjadi juara di empat seri terakhir.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Pembalap muda asal Jerman tersebut mencetak waktu 1 jam 31 menit 10.744 detik. Vettel dibayangi rival terdekatnya, Fernando Alonso di tempat kedua, dengan selisih waktu 9.437 detik. Posisi tiga ditempati Mark Webber.

Mengawali start, Vettel yang meraih pole-position mulus melewati tikungan pertama. Dia dibayangi rekan satu tim, Webber yang mengekor di belakangnya.

Sementara, Fernando Alonso yang start dari posisi lima menyodok ke posisi tiga. Pembalap andalan Ferrari tersebut melewati dua pembalap McLaren, Lewis Hamilton dan Jenson Button di trek lurus.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

Nasib sial menimpa pembalap veteran Michael Schumacher setelah bersenggolan dengan pembalap Toro Rosso, Jean Eric-Vergne di tikungan pertama selepas start. Ban mobil Schumi pecah. Terpaksa, dia harus kembali ke pit.

Di pertengahan lomba, Vettel meninggalkan jauh pesaingnya. Persaingan sengit tinggal melibatkan Webber dan Alonso untuk memperebutkan posisi dua. Kandidat juara dunia tersebut terus menekan Webber. Upaya Alonso untuk mendahului Webber akhirnya tercapai di lap 50.

Dengan tenang, Alonso mengambil alih posisi dua dari tangan Webber jelang memasuki tikungan. The Spaniard berhasil mempertahankan posisi tersebut hingga bendera finis dikibarkan.

F1 GP Inggris Larang Pembalap Rusia Tampil

"Sangat luar biasa, terimakasih tim," kata Vettel di radio tim setelah menyentuh garis finis di urutan pertama.

Atas hasil ini, Vettel masih menghuni peringkat pertama dengan mengumpulkan 240 angka, terpaut 13 poin dari Alonso yang duduk di peringkat dua dengan 227 poin. Skenario ini membuat penentuan gelar juara dunia semakin sengit. Kemungkinan besar, juara dunia F1 baru bisa diketahui di seri terakhir. (one)

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022