SPORT

Gubernur Riau: Pembukaan PON 2012 Minim Sponsor

Rusli menegaskan persiapan upacara pembukaan telah mencapai 60 persen.
Kamis, 6 September 2012
Oleh : Haryanto Tri Wibowo, R. Jihad Akbar
Salah satu venue PON 2012

VIVAnews - Gubernur Riau, Rusli Zainal, mengungkapkan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau yang akan dilakukan pada 11 September 2012 mendatang minim sponsor.

Sponsor enggan untuk masuk akibat terungkapnya kasus korupsi di provinsi tersebut beberapa waktu yang lalu. "Pembukaan kami harapkan sponsorsip sebenarnya, tapi kami maklumi juga dalam kondisi begini," ujar Rusli di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 5 September 2012.

Namun, Rusli memastikan penyelengaraan perhelatan pesta olahraga nasional tersebut dapat berjalan sesuai harapan. Hal tersebut dikarenakan karena pihaknya telah mencari alternatif pendanaan lainnya, antara lain dengan menggunakan dana APBD. "Pakai dana APBD bisa, asalkan sesuai ketentuan," tegasnya.

Rusli menegaskan, persiapan upacara pembukaan telah mencapai 60 persen. Tapi, Rusli enggan menjelaskan secara detail apa saja yang akan disajikan pada perhelatan tersebut. "Biarlah sekarang menjadi rahasia dulu dan kita akan tebus pada pembukaan nanti," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, menegaskan minimnya keterlibatan sponsorship pada PON 2012 ini memang di luar perkiraan. Tapi, Menpora tetap yakin PON 2012 akan berjalan sesuai rencana.

Hal tersebut menurut Andi dibuktikan dari 54 venue yang akan dipakai, hanya dua yang belum selesai 100 persen. "Dalam arti fungsinya sudah selesai, tetapi terus dirapihkan. Misalnya landscapenya, tamannya. Tapi, fungsinya sudah bisa digunakan," papar Menpora.

Pemerintah pusat, ujar Andi, telah mengelontorkan dana PON 2012 dari APBN yang berasal dari pos Kemenpora kepada pemerintah Provinsi Riau sebesar Rp100 miliar. Sisa dana kekurangannya akan diambil dari dana tabungan untuk PON 2012 yang telah disisihkan dalam APBD Riau selama lima tahun.

TERKAIT
TERPOPULER