Olimpiade Ditutup, China Gagal Juara Umum

Penutupan Olimpiade 2012
Sumber :
  • REUTERS/Pawel Kopczynski

VIVAnews - Olimpiade 2012 di London telah resmi ditutup. Upacara penutupan berlangsung meriah di Olympic Stadium London, Minggu 12 Agustus 2012 (Senin dinihari WIB).

Pesta penutupan kali ini tak kalah meriah dengan upacara pembukaan pada 27 Juli lalu. Tema yang diambil dalam penutupan kali ini adalah Symphony of British Music di mana ada beberapa musisi Inggris yang ikut meramaikan termasuk Muse, One Direction, dan Spice Girls.

Di awal-awal penutupan nampak parodi yang menunjukkan kehidupan keseharian di London di mana ada sepeda, mobil, bus, dan beberapa kendaraan lain melintas.

Amerika Serikat berhasil keluar sebagai juara umum dalam Olimpiade kali ini. Negeri Paman Sam berhasil meraih total 104 medali dengan rincian 46 emas, 29 perak, dan 29 perunggu.

Sementara itu, China yang empat tahun lalu keluar sebagai juara umum saat menjadi tuan rumah gagal mempertahankan gelarnya. Negeri Tirai Bambu harus puas meraih 87 medali dengan rincian 38 emas, 27 perak, dan 22 perunggu.

Posisi tiga ditempati oleh tuan rumah Inggris Raya yang berhasil mengoleksi 29 emas, 17 perak, dan 19 perunggu.

Indonesia sendiri kali harus puas di peringkat 63 . Tim Merah Putih hanya meraih 1 perak dan 1 perunggu. Tradisi emas yang bertahan sejak Olimpiade 1992 Barcelona harus terhenti kali ini.

Sang Rival Pecahkan Rekor Usain Bolt

Hingga berita ini diturunkan, prosesi penutupan pesta olahraga terbesar ini masih berlangsung di Olympic Stadium, London.

Pelepasan kontingen Olimpiade 2016 di kantor KOI

Kontingen Olimpiade Indonesia Bertolak ke Brasil Sore Ini

Ada 28 atlet dari 7 cabang olahraga yang terbang ke Rio de Janeiro.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016