KOI Harapkan Blueprint dari Pemerintah

Komite Olimpiade Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo, berharap pemerintah membuat blueprint atau kerangka kerja untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia di ajang internasional.

"Kami mengharapkan pemerintah membuat blueprint rencana pembinaan secara nasional, hingga tugas-tugasnya jelas. Di mana KOI, di mana KONI, dan pihak-pihak yang bisa membantu," ujar Rita saat perayaan HUT ke-60 KOI di Senayan, Jakarta, Minggu 11 Maret 2012.

Untuk jangka pendek, Rita menegaskan pihaknya ingin fokus mempertahankan tradisi emas di Olimpiade 2012. Untuk itu, Rita berharap pemerintah memberi fokus kepada cabang-cabang olahraga unggulan di Olimpiade.

"Harapannya tentu setiap Olimpiade mempertahankan tradisi emas. Kita harus fokus Olimipiade, dari awal fokus untuk cabang-cabang unggulan yang bisa meraih medali di Olimpiade. Harus ada perhatian khusus dari pemerintah, bukan hanya perolehan medali, tapi PB diperkuat manajemen dan administrasinya," papar Rita.

Ke depan, Rita berharap setiap cabang sudah akan memiliki padepokan-padepokan sendiri. Selain itu mantan Ketua Umum KONI itu ingin persiapan atlet yang akan berlaga di Olimpiade berikutnya harus lebih matang.

"Kalau bulutangkis ada Cipayung, judo punya padepokan Ciloto. Taekwondo kita belum punya, panahan belum punya, angkat besi hanya dibantu sedikit-sedikit. Harusnya ada padepokan untuk menghasilkan lapisan atlet yang kuat," tegas Rita.

"Regenerasi kita lambat. Seharusnya untuk Olimpiade itu persiapannya minimal empat tahun, idealnya delapan tahun. Kita ketinggalan dari Thailand dan Malaysia. Jadi, kita harus punya sentra-sentra di daerah," tuntas Rita.

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat
Stefano Pioli dan para pemain AC Milan

AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte

Masa depan Stefano Pioli bersama AC Milan masih belum ada kejelasan. Sempat beredar kabar jika dia takkan lagi menjadi pelatih di musim depan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024