Rafid Topan Juara Underbone Asia

Rafid Topan (tengah) di podium Losail
Sumber :
  • Yamaha Indonesia

VIVAnews - Pembalap Yamaha, Rafid Topan, sukses menjuarai kelas underbone 115cc di Kejuaraan Asia Road Racing Championship (AARC) 2011 yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu 17 Desember 2011.

Ini adalah gelar perdana Topan setelah tahun lalu berada di peringkat ketiga. Setelah menjalani seri keenam atau seri penutup AARC di Sirkuit Losail, Topan berada di puncak klasemen akhir dengan mengemas poin 261.

Pembalap Yamaha CKJ TJM Racing itu unggul 75 poin atas pembalap Indonesia lainnya, Hadi Wijaya, yang membela tim Kawasaki NHK Rextor Manual Tech. Peringkat ketiga ditempati pembalap Malaysia dari tim Harian Metro Y-TEQ SCK Honda Racing, Md Affendi Rosli.

Dominasi Topan dalam enam seri gelaran AARC tahun ini layak mengganjarnya gelar juara. Pembalap 17 tahun ini meraih kemenangan di Sentul, Madras (India), Zhuhai (China) dan Losail.

"Topan adalah pembalap yang lahir dari Yamaha Cup Race (YCR) dan dia akan diproyeksikan ke Supersport nasional dan Asia di 2012. Ini merupakan bukti Yamaha peduli anak bangsa," ungkap Ari Wibisono, Manager Motorsport Yamaha Indonesia.

Pemilik tim Yamaha Tunggal Jaya Motor (TJM), Rudyanto Widjaja, mengatakan Topan memenuhi target juara tahun ini. "Tahun pertama pembelajaran buat Topan untuk mengenal kondisi sirkuit di Asia. Tahun kedua targetnya juara. Kejuaraan Asia ini sangat penting untuk penjenjangan pembalap ke level dunia. Tahun depan Topan fokus di Supersport 600 cc untuk persiapan ke tingkat dunia," papar Rudy.

Sementara itu, di kelas Supersport 600 cc AARC, Doni Tata menjadi pembalap Indonesia yang meraih hasil paling bagus. Meskipun hanya berada di posisi ke-6 klasemen akhir, Doni yang membalap untuk tim Yamaha Indonesia Racing, cukup membuktikan kemampuannya berada di atas pembalap Indonesia lainnya.

Di Losail, Doni menempati posisi keenam di race 1 dan ketujuh di race 2. Md Zamri Baba asal Malaysia menjadi pembalap Yamaha (Petronas Yamaha Malaysia) yang meraih hasil terbaik dengan berada di tempat ketiga.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya
Pelita Air datangkan Airbus 320.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Corporate Secretary Pelita Air, Agdya Yogandari mengatakan, Pelita Air berhasil mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan saat arus balik Lebaran Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024