Pole GP Jepang Tersulit buat Vettel

Sebastian Vettel di GP Jepang
Sumber :
  • REUTERS/Lee Jae-Won

VIVAnews - Sebastian Vettel berhasil meraih pole position ke 12 di musim kompetisi 2011 di Grand Prix Jepang. Namun, pole ini diraih Vettel dengan susah payah.

Masa Penahanan Harvey Moeis Diperpanjang, Kejagung Ungkap Alasannya

Vettel memulai GP Jepang dengan hasil yang kurang memuaskan. Pembalap Red Bull ini mengalami kecelakaan di sesi latihan pertama, Jumat, 7 Oktober 2011 kemarin. 

Itu membuatnya hanya berada di peringkat tiga sesi latihan pembuka. Masuk latihan kedua dan ketiga, hasil yang sama terus diraih Vettel. Ia hanya duduk di peringkat tiga pada dua sesi tersebut dan selalu kalah cepat dari pembalap McLaren Jenson Button.

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

Namun, kesalahan ini ditebus Vettel di sesi Kualifikasi hari ini, Sabtu, 8 Oktober 2011. Vettel berhasil keluar sebagai yang tercepat dan berhak start di posisi pertama pada sesi balapan besok.

"Kualifikasi yang luar biasa. Kemarin saya sempat salah di sesi latihan dan merusak bagian sayap," kata Vettel seperti dilansir Eurosport.

Cha Eun Woo Nyanyikan Lagu-Lagu Album Entity Saat Fan Concert di Jakarta

"Ini adalah momen yang krusial, tidak banyak persaingan yang terjadi antara saya dengan Jenson Button. Meski saya sangat menikmatinya, ini adalah kualifikasi yang berat."

Vettel menjadi pembalap utama yang disorot di GP Jepang karena berpeluang besar menutup gelar juara dunia 2011. Jika besok ia bisa finish pertama, maka Vettel berhak atas tambahan 25 poin.

Padahal untuk menyegel gelar juara dunia tahun ini, Vettel hanya butuh tambahan satu poin saja. Dengan demikian Vettel, yang sudah memiliki koleksi 309 poin, tidak lagi terkejar oleh lawan-lawannya meski masih menyisakan empat seri.

"Soal meraih poin atau tidak, saya tidak terlalu fokus pada hal itu. Saya belajar banyak dari pengalaman kemarin ketika saya sempat tidak fokus 100 persen dan kehilangan kendali mobil," ujar Vettel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya