Pemerintah Jamin SEA Games 2011 Bebas Rabies

vaksin rabies
Sumber :
  • Wima Saraswati/VIVAnews

VIVAnews - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjamin pelaksanaan pesta olahraga Asia Tenggara, SEA GamesĀ  ke XXVI November 2011 nanti akan bebas dari penyakit rabies.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Vertiner Dinas Pertenakan Sumsel, I Wayan Telabah, menegaskan saat ini pihaknya telah menyebarkan sebanyak 15.000 vaksin rabies di 15 Kabupaten/kota yang ada di Sumsel. "Kita jamin saat tiba SEA Games nanti penyakit rabies akan hilang," ujar I Wayan.

Dituturkannya selain menyebar vaksin Rabies, pihaknnya juga akan menangkapi anjing-anjing liar yang berkeliaran di jalan untuk ditangkap dan dimusnahkan. "Kita sebar petugas mulai pukul 21.00 WIB hingga pagi hari untuk menangkap anjing-anjing liar yang berkeliaran di pusat kota," tuturnya.

Virus rabies yang disebabkan oleh anjing, kera dan kucing itu sangat berbahaya bagi manusia jika tertular, untuk itu agar para atlet serta tamu lainnya yang dating ke Sumsel perlu mendapat jaminan.

"Kita sangatĀ  perlu melakukan antisipasi segala kemungkinan yang terjadi, untuk itu kita menyiapkan tambung anti rabies, yang nantinya dapat disuntikkan sewaktu-waktu," jelasnya.

Selain itu untuk mensukseskan SEA Games, pihaknya juga akan melakukan pengawasan yang ketat terhadap daging sapi, daging ayam dan telur.

"Banyak tamu yang akan datang ke Sumsel, sekitar 11 negara untuk itu kita akan melakukan semua tindakan preventif," jelasnya.

Laporan: Radja | Palembang

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024