Olimpiade 2012

Didiskualifikasi, Atlet China Gantung Raket

Atlet ganda putri China, Yu Yang, saat beraksi di London 2012
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad

VIVAnews - Pebulutangkis China, Yu Yang, yang tersandung 'tragedi badminton' di Olimpiade 2012 London akhirnya memutuskan untuk pensiun dini.

Yu bersama pasangannya, Wang Xiaoling, masuk dalam daftar delapan pemain yang didiskualifikasi dari nomor ganda putri. Keputusan itu diambil karena para atlet itu dianggap sengaja mengalah agar dapat lawan lebih mudah pada fase gugur.

Setelah , tidak lama berselang giliran sang pemain angkat bicara. Dan tidak disangka, pemain berperingkat lima dunia pada nomor ganda putri itu memilih gantung raket.

"Ini adalah pertandingan terakhir saya. Selamat tinggal badmintonku yang tercinta," tulis Yu dalam akunnya di situs microblogging, Weibo.

"Kami mengalami cedera, dan hanya mengambil keuntungan dari peraturan pertandingan untuk mengalah," lanjutnya memaparkan soal cedera siku yang dialaminya.

"Kami hanya ingin mendapatkan hal lebih baik di fase knockout. Ini pertama kali sistem round-robin (setengah kompetisi) di terapkan dalam Olimpiade. Tahukah mereka perubahan sistem ini malah mengorbankan para atlet?" lanjutnya kesal.

"Apakah anda tahu pemain juga bisa cedera? Kami bersiap selama empat tahun dan mengalami cedera, lalu anda mendiskualifikasi kami. Tanpa ampun anda menghancurkan mimpi kami. Itu simpel, tidak rumit, tapi tidak bisa dimaafkan," seloroh Yu.

Selain pasangan China tersebut, pasangan Indonesia, Greysia Polii dan Meiliana Jauhari juga masuk kedalam daftar pemain yang terdiskualifikasi. Selain itu, dua pasangan Korea Selatan,  Jung Kyung-eun/Kim Ha-na, dan Ha Jung-eun/Kim Min-jung, juga ikut terseret. (ren)

Jangan Hanya All England, Praveen/Debby Bisa Juara Olimpiade
Pelepasan kontingen Olimpiade 2016 di kantor KOI

Kontingen Olimpiade Indonesia Bertolak ke Brasil Sore Ini

Ada 28 atlet dari 7 cabang olahraga yang terbang ke Rio de Janeiro.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016